RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / semester : VIII
/ 2
Skill : Membaca
Jenis teks : Narrative Text
Waktu : 2 X 40 Menit
1. Standar Kompetensi
Membaca
11.
Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.
Kompetensi
Dasar
11.1 Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative
dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
Sub Kompetensi
Dasar
Membaca nyaring
bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk narrative dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
3. Indikator
11.1.1
Membaca nyaring
danbermakna teks berbentuk narrative
11.1.2 Mengidentifikasi
berbagai makna teks narrative
11.1.3
Mengidentifikasi rujukan kata dalam teks narrative yang dibaca
4. Tujuan Pembelajaran
Diberikan
teks Narrative siswa dapat :
1. Brain storming tentang berbagai
hal terkait teks narrative
2. Mendengarkan teks narrative yang dibacakan
oleh guru/ teman dengan cermat
3. Membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang
teks narrative dengan
percaya diri
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks narrative
5. Menyebutkan tujuan komunikatif teks
narrative
6. Menjawab pertanyaan tentang ciri
kebahasaan teks narrative
5.
Materi
Pembelajaran
|
Task 1
Leading question !
1.
What is it about?
2.
Have you ever read it?
3. Mention many kinds story who ever read!
|
6.
Model
Pembelajaran
- Teacher Directed
1. Menuntun
siswa untuk menganalisis gambar
2. Memperkenalkan
tentang teks Narrative
3. Memperkenalkan
fungsi teks Narrative
4. Memberikan
contoh/model model teks Narrative
- Guided Construction
a. Mengidentifikasi
berbagai macam informasi dalam teks Narrative
b.
Memahami isi teks Narrative
- Teaching Strategies
·
Three – phase technique (pre-reading,
whilst, post-reading)
·
Discussion
in small group
·
Menjawab
pertanyaan yang telah diberikan
7.
Kegiatan
Pembelajaran
NO
|
Langkah – langkahpembelajaran
|
Waktu
|
Teknik
|
Pendidikan karakter
|
1.
|
Pendahuluan
Kegiatan
pendahuluan
1. Greeting
2. Calling the roll
3. Menyiapkan fisik dan psikis siswa
4. Tanya jawab seputar kegiatan siswa yang akandilakukan
5. Menghubungkan benda, tempat
atau orang dengan benda yang akan
dilakukan
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
dan cakupan materi
|
( 5 menit)
|
Lisan
|
|
2
|
Kegiatan inti (Pre – Reading)
EKSPLORASI
Teacher Directed
1. Guru membimbing siswa mengamati gambar
tentang teks Narrative yang ada di
students worksheet
Guru meberi leading question :
1. What is it about?
2. Have you ever read it?
3.
Mention many kinds story who
ever read! (T1)
ELABORASI (Whilst - Reading)
4.
Siswa menebak permainan
tentang vocabulary (T2)
5.
Siswa mengerjakan
soal tentang grammar (T3)
6.
Siswa menjawab pertanyaan True/False (T4)
7.
Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan teks (T5)
8.
Siswa mengisi soal “Fill in the blank” (T6)
9.
Siswa secara berkelompok menyusun paragraf sehingga menjadi
cerita yang bagus (T7)
10. Siswa menganalisis cerita
(T8)
KONFIRMASI (Post – Reading)
11. Siswa mencari contoh teks
Narrative di internet dan menganalisanya (T9)
12. Siswa menceritakan di depan
kelas (T10)
|
(10 menit)
(45 menit )
(15 menit )
|
Tulis
|
Kerjakeras
Gemar rmembaca
Demokratis
Kreatif
Mandiri
|
3
|
Kegiatan Penutup
Siswa dibantu guru membuat
kesimpulan pelajaran
Siswa dibantu guru melakukan
refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
Guru memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
Guru memberikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
( 5 menit)
|
|
Rasa ingintahu
|
8. Sumber Belajar
·
Buku
Ajar SMP kelas VIII
9. Media
·
Student
Worksheet
10. Penilaian
A. Indikator
Penilaian
Indikator Pencapaian kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
Menulis
Pesan Pendek tentang meminjam barang
|
Tes
|
Kinerja
|
Write a short message “to borrow something” individually
|
B. Rubrik Penilaian
1. Writing
Score (jawaban benar mendapat skor maksimum 100)
Kriteria untuk masing-masing score adalah sebagai
berikut :
ESL COMPOSITION
PROFILE
Student: Date: Topic:
|
|||
Score
|
Level
|
Criteria
|
Comments
|
Content
|
30-27
26-22
21-17
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: knowledgeable; substantive; thorough
development of thesis; relevant to the assigned topic.
GOOD TO AVERAGE: Some knowledge of the subject; adequate range; limited
development of thesis; mostly relevant to the topic, but lacks detail.
FAIR TO POOR: limited knowledge of the subject; little substance;
inadequate development of topic.
VERY POOR: does not show knowledge of subject; non-substantive; not
pertinent; OR not enough to evaluate.
|
|
Organization
|
20-18
17-14
13-10
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: fluent expression; ideas clearly stated /
supported; succinct; well-organized; logical sequencing; cohesive.
GOOD TO AVERAGE: somewhat choppy; loosely organized but main ideas
stand out; logical but incomplete sequencing.
FAIR TO POOR: non-fluent; ideas confused or disconnected; lacks logical
sequencing and development.
VERY POOR: does not communicate; no organization; or not enough to
evaluate.
|
|
Vocabulary
|
20-18
17-14
13-10
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: sophisticated range; effective word / idiom
choice and usage; word from mastery; appropriate register.
GOOD TO AVERAGE: adequate range; occasional errors of word / idiom
form, choice, usage but meaning not obscured.
FAIR TO POOR: limited range; frequent errors of word / idiom form,
choice, usage; meaning or obscured.
VERY GOOD: essentially translation; little knowledge of English
vocabulary, idioms, word form; or not enough to evaluate.
|
|
Language
Use
|
25-22
21-18
17-11
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: effective complex constructions; few errors of
agreement, tense, number, word order / function, articles, pronouns,
preposition.
GOOD TO AVERAGE: effective but simple constructions; minor problems in
complex constructions; several errors in agreement, tense, number, word order
/ function, articles, pronouns, prepositions but meaning seldom obscured.
FAIR TO POOR: major problems in
simple / complex constructions, frequent errors of negation; agreement,
tense, number, word order / function, articles, pronouns, prepositions and /
or fragments, run – ons, deletions; meaning confused or obscured.
VERY POOR: virtually no mastery of sentence construction rules;
dominated by errors; does not communicate; or not enough to evaluate.
|
|
Mechanics
|
5
4
3
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: demonstrates mastery of conventions, few errors
of spelling, punctuation, capitalization, paragraphing.
GOOD TO AVERAGE: Occasional errors of spelling, punctuation,
capitalization, paragraphing, but meaning not obscured.
FAIR TO POOR: frequent errors of spelling, punctuation, capitalization,
paragraphing, poor handwriting, meaning confused or obscured.
VERY POOR: no mastery or conventions; dominated by errors of spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing, handwriting illegible; or not
enough to evaluate.
|
|
Total Score Reader Comments
|
2.
Rubrik
Penilaian Siswa untuk Pengembangan Karakter
Nama siswa
|
Kecerdasan
|
Kepedulian
|
Kerjasama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Keterangan :
Kecerdasan
:
(Dilihat dari kecermatan, kecepatan, dan ketepatan
dalam menjawab pertanyaan)
BT = Belum Terlihat (belum menunjukkan tanda-tanda
kemampuan berpikir logis).
MT = Mulai Terlihat (menunjukkan tanda-tanda
berpikir logis).
MB = Mulai Berkembang (mulai konsisten menunjukkan kemampuan
berpikir logis).
MK = Membudaya Konsisten (konsisten menunjukkan
kemampuan berpikir logis).
Kepedulian
:
(Dilihat dari atensi selama mengikuti pelajaran dan
membantu teman)
BT = Belum Terlihat (belum menunjukkan tanda-tanda
peduli terhadap perintah dan aturan dalam PBM).
MT = Mulai Terlihat (menunjukkan tanda-tanda peduli
terhadap perintah dan aturan dalam PBM).
MB = Mulai Berkembang (mulai konsisten menunjukkan
kepedulian terhadap perintah dan aturan dalam PBM).
MK = :
(Dilihat dari partisipasi dalam kerjasama baik dalam
berpasangan maupun berkelompok)
BT = Belum Terlihat (belum menunjukkan tanda-tanda
mampu aktif bekerjasama)
MB = Mulai Berkembang (menunjukkan tanda-tanda mampu
aktif bekerjasama dengan teman)
MK = Membudaya Konsisten (konsisten menunjukkan
kemampuan bekerjasama
makasih,,,blog ini sangat mengispri semua orang terutama saya sbg bagian dari tenaga pendidik
BalasHapus